GENERASI MUDA, GOLDEN GENERATION BERWAWASAN KEBANGSAAN

Wasino, (2017) GENERASI MUDA, GOLDEN GENERATION BERWAWASAN KEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Dalam tulisan sejarah Indonesia dibagai tahap tahap perjuangan generasi muda. Tahapan itu adalah generasi 1908, generasi 1928, generasi 1945, generasi 1966, generasi 1998. Setiap generasi tersebut memiliki nilai-nilai kebangsaan Indonesia sesuai dengan jiwa zaman yang melingkupi situasi sosial politik dari generasi tersebut. Pada saat ini muncul konsep baru yang dikenal dengan generasi emas yang akan terjadi pada tahun 2020 hingga tahun 2030. Ketika itu Indonesia akan memasuki zaman yang komposisi demografisnya menguntungkan secara sosial ekonomi karena jumlah usia produktif (15 - 64) mencapai 70 prosen dari komposi si penduduk Indonesia. Kondisi demikian secara sosial ekonomi akan mendorong pertumbuhan ekonomi untuk menuju ekonomi maju jika kelompok usia produk tif tersebut dapat menjadi penggerak perkembangan ekonomi, yakni benar - benar bisa produktif sebagaimana label usianya. Indonesia diramalkan akan menjadi negara berpenghasilan tinggi ( high income country ). Akan tetapi jika gagal memanfaatkan momentum ini, m aka Indonesia akan tetap menjadi negara berpenghasilan menengah ( middle income country ). Salah satu factor penting untuk menuju generasi emas yang produktif adalah dengan menanamkan soft skill wawasan kebangsaan. Soft skill ini diperlukan untuk mencegah e fek negative dari primordialisme dan globalisme. Strategi ya ng dilakukan antara lain dengan melakukan pendidikan historis reflektif terhadap nasionalisme Indonesia yang tercermin dalam babagan sejarah antar generasi da n sejarah sukses negara dan bang sa lai n yang sukses memanfaatkan nasionalisme untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonominya, misalnya Jepang, Korea, dan Cina.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Generasi muda; Wawasan kebangsaan; Soft skill; Golden generation
Subjects: J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF20 General. Comparative government > JF799 Political rights. Political participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Nov 2017 10:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27243

Actions (login required)

View Item View Item