PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 27 MEDAN TA. 2017/2018

Harefa, Siti Wasty (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 27 MEDAN TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133311082. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133311082. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133311082. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133311082. PREFACE.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133311082. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133311082. TABLES.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133311082. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133311082. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133311082. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133311082. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133311082. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi Operasi aljabar di kelas VIII-3 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes hasil belajar. Tes digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar matematika siswa terhadap materi operasi aljabar dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi aljabar setelah diberikan pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes diagnostik diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 5 dari 35 siswa atau 14.29% dengan rata-rata kelas 46.42. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 35 siswa atau 62.86% dengan rata-rata kelas 65. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 31 dari 35 siswa atau 88.57% dengan rata-rata kelas 74.86. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi aljabar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Nurliani196203051987032003
Call Number: SK-2017 MAT 171
Keywords: hasil belajar; talking stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item