PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 SUNGGAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Sianipar, Amin Natalina (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 SUNGGAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8126172043 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8126172043 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8126172043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8126172043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8126172043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8126172043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8126172043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8126172043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8126172043 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8126172043 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8126172043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Ar Rahman Medan. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) test kemampuan komunikasi matematis, (2) angket disposisi matematis. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi isi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual dan kemampuan komunikasi matematis pada kelas pembelajaran biasa. Kemudian perbedaan tersebut kemampuan komunikasi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi pada kelas pembelajaran biasa, (2) terdapat perbedaan tingkat disposisi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual dan tingkat disposisi matematis pada kelas pembelajaran biasa, perbedaan tersebut menunjukkan bahwa tingkat disposisi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada tingkat disposisi matematis pada kelas dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Call Number: 510.071 2 Sya p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Geogebra; Pembelajaran Konvensional; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27126

Actions (login required)

View Item View Item