PENGARUH STRATEGI PEMBELJARAAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHDAP KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS XI SMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sianturi, Riswan (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELJARAAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHDAP KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS XI SMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156122051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156122051 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156122051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156122051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156122051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156122051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156122051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156122051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156122051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156122051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156122051 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156122051 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156122051 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156122051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156122051 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156122051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156122051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156122051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156122051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156122051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156122051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156122051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Discovery, (2) mengetahui hasil belajar TIK siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan hasil belajar TIK siswa yang memiliki minat belajar rendah, (3) mengetahui adanya interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif dan minat belajar terhadap hasil belajar TIK siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Jawa dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Hutabayuraja Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 496 siswa (14 kelas). Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tanah Jawa sebagai kelompok eksperimen strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Hutabayuraja sebagai kelompok eksperimen strategi pembelajaran kooperatif tipe Discovery. Penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian faktorial 2X2. Variabel terikar yaitu hasil belajar, variabel moderator yaitu minat belajar dan variabel bebas yaitu strategi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: (1) mengukur minat belajar dengan skala psikologi minat belajar, (2) melaksanakan pembelajaran dengan kedua strategi pembelajaran, dan (3) mengobservasi hasil belajar TIK siswa dengan instrumen observasi hasil belajar TIK. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur pada taraf significan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji lanjut Scheffe. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: (1) Nilai rata-rata hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (56,03) lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Discovery (51,09) dengan Fhitung(9,77) > Ftabel(3,49), (2) Nilai rata-rata hasil belajar TIK siswa yang memiliki minat belajar tinggi (56,37) lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan TIK siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Discovery (50,70) dengan Fhitung(45,02) > Ftabel(3,99), (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar TIK siswa dengan Fhitung(10,005) > Ftabel(3,99).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Sia p
Keywords: Strategi pembelajaran; Minat belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:19
Last Modified: 05 Dec 2017 02:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item
View Item