PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN SNOWBALL THROWING (ST) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Alya ALYA, CCut Anisa Sara (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN SNOWBALL THROWING (ST) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133341091 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133341091 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133341091 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133341091 PREFACE .pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133341091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133341091 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133341091 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133341091 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133341091 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133341091 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133341091 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di MAN Lubuk Pakam ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Lubuk Pakam yaitu sebanyak 5 kelas dengan rata-rata jumlah siswa sebanyak 40 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas Eksperimen I (X1) dan Kelas Eksperimen II (X2) masing-masing sebanyak 39 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas diuji dengan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 12.15 > 1.991 pada taraf   0,05 . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 82.45±12.8. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 72.5±13.7. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Ekosistem kelas X MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasanah,, Uswatun196103011988032002
Call Number: SK-2017 BIO 170
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Snowball Throwing, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27113

Actions (login required)

View Item View Item