HUBUNGAN FAKTOR EKSTERNAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM SEMERTER GENAP T.P 2016/2017

Tampubolon, Maria M. (2017) HUBUNGAN FAKTOR EKSTERNAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM SEMERTER GENAP T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 3133331053 Cover.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 3133331053 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 3133331053 Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 3133331053 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 3133331053 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 3133331053 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 3133331053 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 3133331053 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 3133331053 Bab I.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 3133331053 Bab VI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 3133331053 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keadaan faktor eksternal pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Semester Genap T.P 2016/2017 (2) Ada hubungan yang signifikan faktor eksternal dengan hasil belajar pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Semester Genap T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam berjumlah 105 orang. Mengingat populasi dalam penelitian ini terbatas maka sampel dalam penelitian ini adalah sampel total atau total sampling. Teknik pengumpulan data yakni teknik komunikasi tidak langsung berupa angket dan teknik studi dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan imperensial dalam bentuk korelasi sederhana product moment dan hipotesis diuji dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keadaan faktor eksternal pada mata pelajaran geografi Semester Genap T.P 2016/2017 dilihat dari faktor keluarga memiliki nilai rata-rata sebesar 3,11 dan dikategorikan sangat baik, faktor sekolah memiliki nilai rata-rata sebesar 3,29 dan dikategorikan sangat baik dan faktor masyarakat memiliki nilai rata-rata 2,67 dan dikategorikan baik. Secara keseluruhan faktor eksternal memiliki nilai rata-rata sebesar 3,16 dan dikategorikan sangat baik. (2) Ada hubungan yang signifikan faktor eksternal dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi XI IPS SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Semester Genap T.P 2016/2017 dengan nilai rxy = 0,360 > dari nilai rtabel = 0,195 dan nilai thitung = 3,92 > dari ttabel = 1,659 pada taraf signifikan 95% dan α=5%. Dengan demikian berdasarkan perhitungan tersebut hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPinem, Kamarlin195505041983031005
Call Number: SK-2017 GEO 083
Keywords: FAKTOR EKSTERNAL, HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Nov 2017 11:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item View Item