PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS V SD

Bukit, Herawati and Nasution, Mahdaniaty Muntaz (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS V SD. Jurnal Dinamika Pendidikan, 09 (03). pp. 147-156. ISSN 1410-4695

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/vi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Metode Listening Team Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SD, yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, pada siklus I skor rata-rata motivasi belajar siswa 68,68 yaitu 16 orang siswa termotivasi dengan persentase (64%), 7 orang siswa cukup termotivasi dengan persentase (28%), dan 2 orang siswa tidak termotivasi dengan persentase (8%) dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa 78,08 yaitu 24 orang siswa termotivasi dengan persentase (96%), 1 orang siswa cukup termotivasi dengan persentase (4%) dan tidak ada siswa yang tidak termotivasi dengan persentase (0%). Hasil penelitian dari angket yang dibagikan pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan hanya ada 3 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan persentase 12% dan setelah dilaksanakan Metode Pembelajaran Listening Team mengalami peningkatan dengan data pada siklus I 10 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan persentase 40% dan pada siklus II 23 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan persentase 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: Listening team; Metode pembelajaran; Motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26996

Actions (login required)

View Item View Item