PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS IV

Bukit, Herawati (2016) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS IV. Jurnal School Education, 06 (02). pp. 38-44. ISSN 2355-1720

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/a...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD kelas IV dengan menggunakan metode kerja kelompok. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil observasi motivasi belajar pada tahap awal, diperoleh sebanyak 3 orang yang memiliki motivasi belajar yang tinggi atau 8,57%. (2) dari hasil observasi motivasi belajar pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa yang memiliki peningkatan motivasi belajar atau 31,43%, sehingga pada siklus I, terdapat 14 siswa yang termotivasi atau 40%. (3) dari hasil observasi motivasi belajar siswa siklus II diperoleh data, siswa yang memiliki motivasi tinggi menjadi 29 orang atau 82,86%, terdapat peningkatan sebanyak 15 siswa yang memiliki motivasi tinggi atau 42,86%.

Item Type: Article
Keywords: Motivasi belajar; Metode belajar; Kerja kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26987

Actions (login required)

View Item View Item