PEGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR ASUHAN KABIDANAN I (KEHAMILAN) MAHASISWA D.III KEBIDANAN STIKES MUTIARA INDONESIA

Saragih, Honglianta Rosnetti (2009) PEGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR ASUHAN KABIDANAN I (KEHAMILAN) MAHASISWA D.III KEBIDANAN STIKES MUTIARA INDONESIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
061188230033 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230033 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230033 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230033 - Bab I.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230033 - Bab V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230033 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) hasil belajar Asuhan Kebidanan I mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan hasil belajar Asuhan Kebidanan I yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi, (2) hasil belajar Asuhan Kebidanan I antara mahasiswa dengan tingkat kemandirian tinggi dengan mahasiswa dengan tingkat kemandirian rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar Asuhan Kebidanan I.Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa D.III Kebidanan STIKES Mutiara Indonesia semester II terdiri dart 4 kelas dengan jumlah mahasiswa seluruhnya adalah 157 mahasiswa. Penarikan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Terpilih sebagai kelas pembelajaran inkuiri adalah semester II-A dan semester II-C sebagai kelas pembelajaran elaborasi.Instrumen yang digunakan untuk mengukur basil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pinball. jawaban sebanyak 39 soal. Untuk mendapatkan data kemandirian digunakan angket yang berjumlah 36 pernyataan. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah analisis varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkandengan strategi pembelajaran inkuiri X= 22,9 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran elaborasi X= 21,3, dengan Fhitung = 191,48 > Ftebel = 3,968, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengankemandirian tinggi I= 29,54 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengankemandirian rendah X= 17,76, dengan Fhitung = 3,99 > Ftabel = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar Asuhan Kebidanan I dengan Fhitung = 56,77 > Ftabei = 3,968.Berdasarkan .hasil analisis data disimpulkan bahwa mahasiswa yang dengan karakteristik kemandirian tinggi, maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran inlcuiril dan mahasiswa dengan karakteristik kemandirian rendah maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran elaborasi. Implikasinya adalah penerapan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran elaborasi harus disesuaikan dengan karakteristik kemandirian mahasiswa. Disarankan kepada tenaga pengajar yang merencanakan dan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran elaborasi harus mengetahui karakteristik kemandirian mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Call Number: 371.3 Sar p
Keywords: Hasil Belajar Asuhan; Mahasiswa; Kehamilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item