ANALISIS SISTEM ANTRIAN MULTI CHANNEL – MULTI PHASE PADA KANTOR BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) REGIONAL I MEDAN

Tarigan, Firdaus and Susiana (2017) ANALISIS SISTEM ANTRIAN MULTI CHANNEL – MULTI PHASE PADA KANTOR BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) REGIONAL I MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem antrian yang berlaku pada pelayanan pendaftaran nasabah pada kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Regional I dan bagaimana mengoptimalkan sistem pelayanan tersebut. Data yang digunakan penulis adalah rata-rata kedatangan pelanggan (), rata-rata keberangkatan pelanggan (), dan banyaknya server atau petugas yang melayani nasabah yang dilakukan pada pukul 08.00 - 13.00 WIB selama 20 hari dari tanggal 05 Oktober- 01 Nopember 2016. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik uji Chi-Square. Dari hasil penelitian, sistem antrian yang digunakan di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Regional I menggunakan multi channel-multi phase dengan tiga tahap pelayanan. Model antrian pada tahap pertama dan tahap ketiga (M/M/2);(FIFO//), sedangkan model antrian pada tahap kedua (M/M/4);(FIFO//). Pada pelayanan tahap pertama telah optimal menggunakan dua loket dengan memenuhi steady-state 0,61. Pada pelayanan tahap kedua dengan empat loket telah optimal dengan steady-state 0,35, tetapi berdasarkan simulasi dengan menggunakan software POM-QM for Windows jumlah loket minimalnya sebanyak dua loket dengan steady-state 0,69. Pada pelayanan tahap ketiga tidak optimal dengan menggunakan dua loket dikarenakan steady-state 1,19, berdasarkan simulasi dengan menggunakan software POM-QM for Windows diperoleh jumlah loket optimalnya adalah tiga server.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sistem antrian; Steady-state; Multi chanel-multi phase
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:24
Last Modified: 30 Oct 2017 05:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26918

Actions (login required)

View Item
View Item