PENERAPAN ALAT PERAGA GEOMETRI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS ALI IMRAN MEDAN T.A 2015/2016

Aruan, Yuliani and Harahap, Elvi Rahayu (2017) PENERAPAN ALAT PERAGA GEOMETRI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS ALI IMRAN MEDAN T.A 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII MTs Ali Imran T.A 2015/2016 dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri dan alat peraga geometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui hasil belajar siswa peneliti menggunakan lembar observasi fakta pembelajaran dan tes hasil belajar matematika secara individu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Ali Imran yang berjumlah 28 siswa/i. sebelum pemberian tindakan, persentasi ketuntasan klasikal diperoleh 32,1 % (9 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 64% dan setelah pemberian tindakan melalui strategi inquri tes hasil belajar matematika siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal diperoleh 60,7% (17 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 70,36%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II mendapatkan persentase klasikal sebesar 85,7% (24 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 79,29%. Dan kemudian pada siklus III persentase klasikal diperoleh 89,3% (25 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 80%. Sehingga dari kondisi sebelum diberi tindakan hingga perbaikan siklus diperoleh sebesar 57,2%. Dari hasil temuan tindakan kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi inquiri dan alat peraga geometri kelas VIII Mts Ali Imran .

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Geometri; Alat peraga; Pembelajaran inkuiri; Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item