PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Dermawan, Dwi Ardy (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing. Masalah diidentifikasi berdasarkan hasil observasi awal yang terdiri dari tes awal dan wawancara dengan guru matematika. Tes awal dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dan referensi untuk pengelompokan siswa dalam pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII-1 SMP N 1 Rantau Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 35 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diukur dengan empat indikator, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi, dengan model pembelajaran problem posing. Tingkat ketuntasan yang direncanakan dalam penelitian ini ≥ 80% dari total siswa yang mengikuti tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dilakukan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini dapat dilihat: (1) Tes pada siklus 1, dituntaskan oleh 21 siswa dan tidak tuntas 14 siswa, dengan ketuntasan klasikal 60%. (2) Tes pada siklus 2, dituntaskan oleh 29 siswa dan tidak selesai hanya 6 siswa, dengan ketuntasan klasikal 82,85%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Problem posing; Model pembelajaran; Berpikir kreatif; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26894

Actions (login required)

View Item View Item