KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN RANTAU PRAPAT

Sinaga, Dorhayani (2009) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN RANTAU PRAPAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071188730008 Kata pengantar.pdf]
Preview
Text
071188730008 Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 071188730008 Abstrak.pdf]
Preview
Text
071188730008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 071188730008 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
071188730008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 071188730008 Bab I.pdf]
Preview
Text
071188730008 Bab I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 071188730008 Bab V.pdf]
Preview
Text
071188730008 Bab V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 071188730008 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
071188730008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika konvesional dengan paradigma guru mengajar hanya berorientasi pada hasil belajar yang dapat diamati dan diukur. Siswa pasif dan hanya menerima apa kata guru tanpa ada respon.Guru cenderung memindahkan informasi yang sebanyak-banyaknya kepada siswa sehingga konsep, prinsip dan aturan-aturan sulit dipahami oleh siswa, juga tidak dapat menerapkan konsep dan sukar untuk mengadaptasikan pengetahuannya terhadap lingkungan belajarnya dan menjadikan matematika tidak bermakna bagi siswa. Hal ini mengaldbatkan prestasi belajar matematika Indonesia rendah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika, sehingga pemecahan masalah harus diletakkan sebagai tujuan utama dan metode utama pembelajaran matematika. Kenyataanya aspek pola berfikir matematis, seperti memecahkan masalah belum merupakan tujuan utama pembelajaran matematika sekolah scat ini. alah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam belajar matematika sehingga belajar menjadi bermakna adalah pendekatan kontekstual. Dengan pendekatan kontekstual siswa diarahkan untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika disekolah efektif dan bermakna bagi siswa jika proses pembelajaran memperhatikan konteks nyata dari kehidupan siswa dan siswa secara aktif dilibatkan dalam pengorganisasian, penemuan informasi atau pengetahuan, dan keterkaitan informasi yang diberikan.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam pembelajaran kontekstual, (2) mendeskripsikan kadar aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual, (3) mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran kontekstual, (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran kontekstual, (5) mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih baik dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan analisis statistik inferensial.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang diawali dengan pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model 4-D (four D model) yang terdiri dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku guru (BG), buku siswa (BS), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes pemecahan masalah (Polya). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Rantauprapat, sebanyak enam kelas dan mengambil dua kelas sebagai sampel. Pemilihan sample dilakukan secara random (random sampling) yangdijadikan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kontekstual dankelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes pemecahan masalah, (2) lembar pengamatan aktivitas siswa, (3) lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, (4) angket respon siswa.Penelitian ini diawali dengan tes uji coba perangkat dan instrumen penelitian. Hasil uji coba menunjukkan bahwa semua perangkat baik untuk digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji coba instrumen penelitian, yaitu (1) tes kemampuan pemecahan masalah adalah yaitu reliabilitas butir sangat tinggi dengan a = 0,844, semua butir (delapan soal) adalah valid, sensivitas (pengaruh efek) peka dengan rata-rata = 0,34, diperoleh dua soal sukar dan enam soal sedang, Jaya pembeda butir soal adalah balk (signifikan).Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan pencapaian ketuntasan belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual, mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran kontekstual, mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual. Analisis statistik inferensial yang digunakan adalah analisis kovarians yang bertujuan untuk menguji hipotesis teoritis. Analisis kovarians dapat dilakukan karena variabel penyerta yaitu kemampuan tes awal berpengaruh secara signifikan terhadap variabel tergantung (tes akhir) memenuhi syarat lineritas model regresi pada setiap kelompok perlakuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual efektif pada pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya kriteria keefektifan, yaitu : (1) ketuntasan belajar secara klasilcal adalah tercapai, (2) aktivitas siswa dengan pembelajaran kontekstual efektif, (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kontekstual baik., (4) respon siswa tehadap komponen dan kegiatan pembelajaran kontekstual positif, (5) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.Oleh karena pembelajaran kontekstual adalah efektif pada pembelajaran matematika sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang innovatif khususnya dalam mengajarkan materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sin k
Keywords: Matematika; Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 23 May 2016 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

View Item
View Item