PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENCANA PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD

Iqbal (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENCANA PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  COVER.pdf]
Preview
Text
1. IQBAL. NIM. 8156182023 - COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. IQBAL. NIM. 8156182023 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. IQBAL. NIM. 8156182023 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 4.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. IQBAL. NIM. 8156182023 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 7.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  BAB I.pdf]
Preview
Text
9. IQBAL. NIM. 8156182023 - BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 13.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  BAB V.pdf]
Preview
Text
13. IQBAL. NIM. 8156182023 - BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 14.  IQBAL.  NIM. 8156182023 -  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam; (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060856 Medan, yang terdiri dua kelas yang berjumlah siswa 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A dan V-B. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar IPA berupa pilihan ganda dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT (x ̅ ꞊ 82,00), sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran DI (x ̅ ꞊ 72,27) dengan nilai sig. 0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang yang bermotivasi tinggi (x ̅ ꞊ 81,46), sedangkan siswa yang bermotivasi rendah (x ̅ ꞊ 67,79), dengan nilai sig.0,000; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam dengan nilai sig. 0,031, dimana hasil belajar siswa optimal pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT untuk motivasi tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.9 Iqb p
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB5000 Natural disasters
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:33
Last Modified: 26 Oct 2017 01:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26792

Actions (login required)

View Item
View Item