HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SMA NEGERI KECAMATAN GUNUNG SITOLI KABUPATEN NIAS

Waruwu, Binahati (2009) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SMA NEGERI KECAMATAN GUNUNG SITOLI KABUPATEN NIAS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188130026 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130026 Abstrak.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130026 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130026 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130026 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan positif yang signifikan antara: (1) persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru, dan (3) persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kecamatan Gunungsitoli Kabupaten Nias.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kecamatan Gunungsitoli Kabupaten Nias yang berjumlah 170 orang dan sampel penelitian sebanyak 42 orang yang diambil secara stratifikasi random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket, dengan ujicoba lebih dahulu.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dan iklim organisasi serta kepuasan kerja guru tergolong ke dalam kategori cukup. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, koefisien korelasi 0,6482. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru, koefisien korelasi 0,4920. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kecamatan Gunungsitoli Kabupaten Nias dengan koefisien korelasi 0,7570. Pengujian dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05, dk = 42. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan kepuasan kerja guru dibutuhkan persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dan iklim organisasi yang balk.Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, kepala sekolah, dan guru dalam hal peningkatan kepuasan kerja guru, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi tentang penelitian lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 373.238 068 War h
Keywords: Kepuasan kerja; Kepala sekolah; Iklim organisasi; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item