PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 PANYABUNGAN

Zainuddin, (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3132121016 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3132121016 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3132121016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3132121016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3132121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3132121016 TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3132121016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3132121016 Chapter I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 3132121016 Chapter V.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 3132121016 References.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi Pengaruh Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 3 Panyabungan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 panyabungan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Penelitian menggunakan instrument tes yang telah di uji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa di uji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang di dapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,76 sedangkan pada kelas kontrol 50,76. Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t-Dua Pihak dengan hasil penelitian pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa t_hitung > t α (10 > 2.0105) maka Ha diterima Ho ditolak, dengan demikian ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media audio-visual (flim) yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam bidang studi sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Samsidar195906261986012001
Call Number: SK-2017 SJRH 086
Keywords: Hasil belajar; Media pembelajaran
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Sep 2017 12:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26643

Actions (login required)

View Item View Item