PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI KANAN

Pulungan, Nora Esteriah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI KANAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Sei Kanan yang berjumlah 36 siswa. Peneliti merancang rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas dan kemudian diadakan observasi, melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan tindakan berikutnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus dengan pemantapan-pemantapan pada setiap siklus. Hasil penelitian yang diperoleh ialah: Dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Sei Kanan meningkat, dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Kegiatan Awal: a) Guru memberi salam pembuka. b) Guru menyampaikan orientasi model Student Facilitator And Explaining. c) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan materi pokok bahasan yang ingin dicapai. 2) Inti a) Guru membentuk kelompok belajar dengan masing-masing kelompok 6 siswa yang heterogen berdasarkan kemampuan akademis. b) Guru menyampaikan materi pokok bahasan yang ingin dicapai. c) Guru menyuruh siswa berdiskusi. d) Siswa diberi kesempatan untuk menjelaskan dan mempratekkan pada teman sekelompoknya. 3) Penutup a) Guru dan siswa menyimpulkan hasil proses belajar mengajar. b) Pemberian post tes atau tugas. c) Salam penutup.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Aktivitas belajar; Matematika; Hasil belajar; Model pembelajaran; Student facilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26595

Actions (login required)

View Item View Item