PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN KUALITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Perdana, Syaputra (2017) PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN KUALITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 7133141108 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 7133141108 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 7133141108 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 7133141108 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 7133141108 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 7133141108 TABLES.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 7133141108 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 7133141108 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 7133141108 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 7133141108 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 7133141108 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial media dan kualitas perpustakaan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan yang berada di Jalan Timor No. 36 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 114 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas X IPS 1. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, regresi Liniear Berganda, Uji t, Uji F, dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 23.0, diperoleh kesamaan regresi liniear berganda Y = 0,378X1 + 0,427X2 + 13,469. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan dk = (n-2) pada taraf α = 0,05. Dari hasil perhitungan hipotesis, diperoleh thitung X1 = 3,460 dan nilai thitung untuk variabel X2 = 3,458. Sedangkan untuk ttabel dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 1,685 (t tabel statistik). Dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel dimana 3,460 > 1,685 untuk variabel X1, dan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel dimana 3,458 > 1,685 untuk variabel X2 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikatnya dilakukan dengan menggunakan uji F. Hasil perhitungan statistik menunjukkan nilai F hitung = 53,952 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan sosial media dan kualitas perpustakaan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 74,5%. Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini adalah sosial media dan kualitas perpustakaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La19641231 199103 1 040
Call Number: SK-2017 EKO 126
Keywords: SOSIAL MEDIA; KUALITAS PERPUSTAKAAN; DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Sep 2017 09:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item