INTERAKSI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MAHASISWA FMIPA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Andriani, Ade (2017) INTERAKSI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MAHASISWA FMIPA PENDIDIKAN MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki Interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa. Model pembelajaran yang dimaksud pada tulisan ini yaitu model pembelajaran langsung dan IMPROVE. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Matematika Medan. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semesters 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan tes kemampuan awal matematika. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,211. Karena nilai signifikansi lebih besar dari nilai taraf signikan 0,05, maka Ho diterima, yang berarti tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matamatik mahasiswa. Jadi, terjaadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa disebabkan oleh perbedaan pembelajaran yang diterapkan, bukan karena kemampuan awal matematika siswa. Dengan kata lain, tidak terdapat pengaruh secara bersama yang diberikan oleh pembelajaran dan kemampuan awal matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan awal matematika; Pemecahan masalah matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item View Item