ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI METODE GASING (GAMPANG ASYIK MENYENANGKAN)

Saragih, Doni Irawan and Yuanita, Fiska (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI METODE GASING (GAMPANG ASYIK MENYENANGKAN). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa melalui metode GASING (Gampang Asyik Menyenangkan). Penelitian ini termasuk dalam quasi experiment. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis berbentuk uraian bebas yang terdiri dari 7 item soal. Kemapuan penalaran matematis siswa ditinjau dari indikator: 1). menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram, 2). mengajukan dugaan, 3). melakukan manipulasi matematika, 4). menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, 5). menarik kesimpulan dari pernyataan, 6). memeriksa kesahihan suatu argumen, dan 7). menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Secara keseluruhan, rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada uji pre test adalah 55, berada pada kategori kurang, sedangkan pada uji post test adalah 80, berada pada kategori tinggi. Maka kemampuan penalaran matematis melalui metode GASING (Gampang Asyik Menyenangkan) adalah tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Penalaran matematis; Metode gasing; Metode pembelajaran; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26526

Actions (login required)

View Item View Item