PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN LT BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA

Siregar, Chikata Halimahtun Sahra (2017) PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN LT BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4132131031 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4132131031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4132131031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4132131031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4132131031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4132131031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4132131031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4132131031 LIST OF ENCOURAGE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4132131031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4132131031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4132131031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4132131031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunkan model kooperatif tipe TAI dengan LT berbantuan Macromedia Flash dan media kartu soal; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi dan rendah yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif berbantuan Macromedia Flash dan media kartu soal; (3) interaksi antara kedua model kooperatif dengan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa; dan (4) hubungan kemampuan numerik dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Medan, sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, dimana kelas eksperimen 1 diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI berbantuan Macromedia Flash dan media kartu soal sedangkan kelas eksperimen kedua diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe LT berbantuan Macromedia Flash dan media kartu soal. Teknik pengambilan kelas sampel dan sampel menggunakan random sampling yang juga didasarkan pada nilai pre-test yang relatif homogen. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Data hasil penelitian diperoleh dari instrument tes hasil belajar berupa essay test dan tes kemampuan numerik. Instrumen tes hasil belajar terlebih dahulu distandarisasi oleh validator ahli dan diujicobakan pada siswa untuk menganalisis butir item tes sebelum digunakan. Hasil standarisasi dan analisis butir item tes telah memenuhi syarat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji persyaratan analisis, data berdistribusi normal dan homogen; (2) uji hipotesis bahwa pada faktor A (model pembelajaran) Ho ditolak, faktor B (kemampuan numerik) Ho ditolak, pada faktor AB (interaksi model pembelajaran dan kemampuan numerik) Ho diterima; dan (3) uji korelasi, pada kelas eksperimen 1 dan 2 didapat bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan hasil belajar siswa dengan kontribusi masing-masing sebesar 25,3% dan 44,1%. Disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe TAI dengan LT berbantuan Macromedia Flash dan kartu soal pada pokok bahasan hidrolisis garam; (2) ada pengaruh kemampuan numerik siswa terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan numerik siswa terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam; dan (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saronom198011132008121003
Call Number: SK-2017 KIM 082
Keywords: Model Kooperatif Tipe TAI; Model Kooperatif Tipe LT; Kemampuan Numerik; Hasil Belajar Siswa; Macromedia Flash; Kartu Soal; Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 15:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26453

Actions (login required)

View Item View Item