PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DIKELAS VII MTS AL-ISHLAHIYAH BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Leung, Anggita Widyasari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DIKELAS VII MTS AL-ISHLAHIYAH BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berupa kartu variabel dan kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Sistem persamaan Linier Satu Variabel dikelas VII MTs Al- Ishlahiyah Binjai tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan siswa kelas VII2, yang masing-masing berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes awal (pre tes) dan tes akhir (post tes), yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga berupa kartu variabel dan kartu bilangan pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil tes akhir siswa dengan rata-rata 75,28%, ketuntasan klasikal 91,67 %, dan ketuntasan TP 80%. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang linier terhadap hasil belajar matematika siswa pada penggunaan alat peraga berupa kartu varibel dan kartu bilangan dengan persamaan regresi = 58,87 + 0,63x, yang dinyatakan dengan koefisien korelasi 1,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signitifikan antara penggunaan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa, sehinga hipotesis diterima.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kartu variabel; Kartu bilangan; Persamaan linier; Alat peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item