Leung, Anggita Widyasari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DIKELAS VII MTS AL-ISHLAHIYAH BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Fulltext.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berupa kartu variabel dan kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Sistem persamaan Linier Satu Variabel dikelas VII MTs Al- Ishlahiyah Binjai tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan siswa kelas VII2, yang masing-masing berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes awal (pre tes) dan tes akhir (post tes), yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga berupa kartu variabel dan kartu bilangan pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil tes akhir siswa dengan rata-rata 75,28%, ketuntasan klasikal 91,67 %, dan ketuntasan TP 80%. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang linier terhadap hasil belajar matematika siswa pada penggunaan alat peraga berupa kartu varibel dan kartu bilangan dengan persamaan regresi = 58,87 + 0,63x, yang dinyatakan dengan koefisien korelasi 1,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signitifikan antara penggunaan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa, sehinga hipotesis diterima.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Kartu variabel; Kartu bilangan; Persamaan linier; Alat peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 07:39 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26408 |
Actions (login required)
View Item |