PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Nasution, Surya Rusfantri (2007) PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 045070010 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
045070010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[thumbnail of 045070010 Abstrak.pdf]
Preview
Text
045070010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 045070010 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
045070010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of 045070010 Bab I.pdf]
Preview
Text
045070010 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 045070010 Bab V.pdf]
Preview
Text
045070010 Bab V.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 045070010 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
045070010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media lnteraktif Berbasis Komputer (MIBK) yang memenuhi standar kualitas berdasarkan epistemologi pakar media dan siswa, dan melihat pengaruh pembelajaran MIBK terhadap hasil belajar siswa di SMAN I Medan dan MAN 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (action classroom) dengan desain faktorial 3x2 dan sampel bedumlah 218 orang. Instrumen penelitian ini adalah inslrumen Tes Basil Belajar, kuesioner penilaian media, dan standar kualitas.Telmik analisis data secara inferensial menggunakan analisis statistik ANAVA 2 jalur dan dilanjutkan dengan Uji Tukey pada taraf signifikansi a = 5%. Basil pengujian hipotesis menunjukkan MIBK yang dikembangkan oleh penulis memenuhi standar kualitas berdasarkan epistemologi pakar dan siswa; hasil belajar kimia siswa di SMAN 1 Medan dan MAN I Medan yang dibelajarkan dengan menggunakan MIBK lebih baik secara signifikan dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media PUSTEKOM dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media (nilai probabilitas (0,00) < 0,05); hasil belajar kimia siswa SMAN I Medan lebih baik secara signifikan dibandingkan basil belajar kimia siswa MAN I Medan (nilai probabilitas (0,00) < 0,05); dan penggunaan media tidak berinteraksi dengan jenis sekolah (SMAN 1 dan MAN I) dalarn mernpengaruhi hasil belajar kimia siswa nilai probabilitas (0,523) > 0,05).Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran kirnia dengan pokok bahasan Laju Reaksi dengan menggunakan media lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa media. Untuk pembelajaran dengan menggunakan MIBK disarankan diterapkan pada kelompok kecil atau individual

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: perkembangan media; media pendidikan; model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 22:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item
View Item