PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Perangin-Angin, Echo Genesis (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4133311022 COVER.PDF - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4133311022 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4133311022 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4133311022 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4133311022 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4133311022 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4133311022 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4133311022 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4133311022 BAB I.PDF - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4133311022 BAB V.PDF - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4133311022 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing berbantuan scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam dan mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM yang terdiri dari 10 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas X sebanyak 407 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas yang menjadi sampel penelitian secara random sampling, didapat kelas X MIA 6 dan X MIA 5 yang masing-masing berjumlah 40 orang. Kelas experiment yaitu kelas X MIA 6 menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Scaffolding dan kelas kontrol yaitu kelas X MIA 5 menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sebagai alat pengumpul data digunakan data pretest dan postest dalam bentuk test isian pada materi teorema phytagoras untuk pretest dan materi aturan sinus dan cosinus untuk postest, dimana masing-masing soal berjumlah 9 soal yang sudah divalidkan. Selanjutnya untuk alat pengumpul data yang lain digunakan juga data N-Gain, data ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas experiment dan kelas kontrol. Sebelum dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji kesamaan dua rata-rata data pretest. Pada uji kesamaan dua rata-rata data pretest diperoleh thitung = 2,193 dan ttabel = 1,994, karena thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga rata-rata tes kemampuan awal kedua kelas berbeda. Karena rata-rata tes kemampuan awal kedua kelas berbeda, maka dicari selisih postets dengan pretest kedua kelas. Untuk uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat uji hipotesis, yang diuji adalah data selisih postest dengan pretest kedua kelas. Pada uji normalitas data selisih postest dengan pretest kelas experiment diperoleh χ_hitung^2 = 3,0503 dan χ_tabel^2= 11,0503, karena χ_hitung^2 < χ_tabel^2 dapat disimpulkan bahwa sebaran data pada kelas experiment berdistribusi normal. Pada uji normalitas data selisih postest dengan pretest kelas kontrol diperoleh χ_hitung^2 = 7,8987 dan χ_tabel^2= 12,5920, karena χ_hitung^2 < χ_tabel^2 dapat disimpulkan bahwa sebaran data pada kelas kontrol berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas data selisih postest dengan pretest diperoleh Fhitung = 1,0700 dan Ftabel = 1,7074, karena Fhitung < Ftabel maka kedua kelas homogen. Setelah data dikatakan normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk data selisih postest dengan pretest. Pada uji hipotesis data selisih postest dengan pretest diperoleh thitung = 3,121 dan ttabel = 1667, karena thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan scaffolding lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan scaffolding dengan kata lain “terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing berbantuan scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam”. Pada data N-Gain untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas experiment dan kelas kontrol diperoleh hasil bahwa jumlah siswa pada kelas experiment yang memiliki N-Gain tinggi sebanyak 10 siswa ataupun 25% , jumlah siswa pada kelas experiment yang memiliki N-Gain sedang sebanyak 23 siswa ataupun 57,5%, dan jumlah siswa pada kelas experiment yang memiliki N-Gain rendah sebanyak 7 siswa 17,5%, sedangkan jumlah siswa pada kelas kontrol yang memiliki N-Gain tinggi sebanyak 6 siswa ataupun 15%, jumlah siswa pada kelas kontrol yang memiliki N-Gain sedang sebanyak 13 siswa ataupun 32,5%, dan jumlah siswa pada kelas kontrol yang memiliki N-Gain rendah sebanyak 21 siswa 52,5%, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas experiment lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBanjarnahor, Humuntal195805131988031002
Call Number: SK-2017 MAT 079
Keywords: Quasi Experiment; Problem Posing; Scaffolding
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26397

Actions (login required)

View Item View Item