PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.A 2016/2017

Lubis, Eva Evelina (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER_doc.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN_docx.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 1_docx.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 5_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka_docx.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku di kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester II SMA N 1 Batang Kuis yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 124 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 32 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 82,75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 76,9375. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 62 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 1,8450 dan ttabel = 1,6697 sehingga thitung > ttabel yaitu 1,8450 > 1,6697 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dari model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku di kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: SK-2017 MAT 078
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Teori belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Sep 2017 14:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item