PENGARUH BERMAIN MENJALA IKAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PANCA BUDI MEDAN T.A 2016/2017.

Hasibuan, Siti Aminah (2017) PENGARUH BERMAIN MENJALA IKAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PANCA BUDI MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1131113021_COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1131113021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1131113021_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1131113021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1131113021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1131113021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1131113021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1131113021_BAB I.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1131113021_BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1131113021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang berkembangnya perkembangan sosial anak. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain menjala ikan terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Panca Budi Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu One-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B atau anak usia 5-6 tahun yang ada di TK Panca Budi yang berjumlah 43 orang Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan acak berasarkan kelas dengan membuat undian. Cara undian yang dimaksudadalah dengan mengocok 4 gulungan kertas yang berisi nama kelas TK B Panca Budi (B1, B2, B3 dan B4). Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas Kelas B4 sebagai kelas eksperimen.Untuk kelas eksperimen berjumlah 10 orang anak yang diberi perlakuan dengan bermain menjala ikan. Berdasarkan hasil peneltitian dan pembahasan dikeahui bawa pada data posttest anak memiliki nilai terendah 12, nilai tertinggi 27 dan nilai rata-rata 22,8 yang lebih tinggi dibandingkan dengan skor data pretest yang memiliki nilai terendah 9 dan tertinggi 27 dan nilai rata-rata 19,5. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial anak setelah pemberian treatment dua kali seminggu lebih baik dibanding anak yang hanya diberi perlakuan sekali seminggu. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,771; nilai N=10 diperoleh 1,833. Sehingga diperoleh nilai thitung> ttabel (3,771>1,833), dengan demikian hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh yang signifikan dari bermain menjala ikan terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Panca Budi Medan T.A 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: SK-2017 PAUD 051
Keywords: Perkembangan sosial; Anak usia dini; Bermain menjala ikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Sep 2017 14:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26347

Actions (login required)

View Item View Item