PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS IX SMA

Rahmi, Mawaddah (2017) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS IX SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133331075 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133331075 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133331075 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133331075 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133331075 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133331075 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133331075 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133331075 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133331075 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133331075 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133331075 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133331075 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133331075 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133331075 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133331075 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133331075 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133331075 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133331075 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133331075 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133331075 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133331075 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133331075 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis pedagogical content knowledge (PCK) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MAN 1 Stabat pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Stabat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 dari 2 kelas yaitu XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang sudah valid. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis pedagogical content knowledge (PCK) dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postest adalah 84,5. Sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol adalah 70,5. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 5,470 dan ttabel = 1,645, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Penilaian aktivitas siswa pada kelas eksperimen mendapat rata-rata sebesar 71,481dan kelas kontrol 62,962. Hasil ujia t dua pihak diperoleh thitung = 3,101 dan ttabel = 1,645, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis pedagogical content knowledge (PCK) terhadap hasil belajar kimia dan aktivitas siswa pada materi koloid kelas XI MAN 1 Stabat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 062
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Pedagogical Content Knowledge (PCK); Hasil Belajar; Aktvitas Siswa; Sistem Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 17:07
Last Modified: 12 Sep 2017 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26264

Actions (login required)

View Item
View Item