PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Gea, Imelda Veronica (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.7133341114_SAMPUL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.7133341114_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.7133341114_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.7133341114_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.7133341114_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.7133341114_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.7133341114_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.7133341114_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.7133341114_BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.7133341114_BAB V.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.7133341114_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan T. P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kalas X IIS SMA Negeri 17 Medan dengan jumlah 122 orang. teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara Propotioned Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga jumlah sampel sebanyak 93 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner masing-masing sebanyak 25 item, kuisioner dinyatakan reliabel dengan dengan Alpha Cronchbach 0,894 untuk variabel efikasi diri dan 0,882 untuk variabel kompetensi sosial guru. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y=23, 528+0, 414X1+0, 350X2+e berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila efikasi diri meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,414 persen dan apabila kompetensi sosial guru meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,350 persen. Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukan nilai 4,899 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesisi 1, nilai 4,131 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2 dan uji F diperoleh nilai 47,169 dengan sig 0,000 untuk hipotesisi 3 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,512 atau 51,2 % dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel efikasi diri dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 51,2 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi, ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh postif dan signifikan antara efikasi diri dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151987031001
Call Number: SK-2017 EKO 061
Keywords: Efikasi Diri; Kompetensi Sosial Guru; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 11:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item