PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA MAN I MEDAN

Andriyani, Vera (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA MAN I MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
065020419 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020419 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020419 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020419 - Bab I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020419 - Bab V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020419 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Strategi pembelajaran CTL dan Strategi pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir induktif dan hasil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir deduktii (3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir siswa terhadap basil belajar sosiologiHipoteis dalam penelitian ini adalah : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar sosiologi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir induktif dengan hasil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir deduktif. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar sosiologi siswaPenelitian dilakukan terhadap siswa kelas XII IPS yang dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok A sebanyak 25 orang dan kelompok R sebayak 25 orang siswa. Telmik pengambilan sample dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain penelitian 2 X 2 dengan teknik analisis varians (Ananva). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah soal tes hasil belajar, dan kuisioner gaya berpikir. Uji coba instrumen penelitian dengan menggunakan rumus product moment untuk uji validitas dan KR-20 untuk uji rehabilitas.Hasil pengujian mengungkap bahwa : (1) basil belajar sosiologi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) basil belajar siswa yang memilild gaya berpikir Induktif lebih balk dari pada hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir deduktif, Dalam hal ini, hasil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir indulctip lebih balk jika diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dari pada menggunakan strategi pembelajaran deduktif. Tetapi hasil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir deduktif lebih unggul jika diajar dengan strategi belajar konvensional, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir induktif maupun deduktif, dalam memberikan pengaruh terhadap basil belajar siswa,Kesimpulan ini memberikan makna bahwa; (1) Hasil belajar sosiologi siswa diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional memiliki keunggulan masing-masing,. (2) ) hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir lnduktif lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir deduktif, Dalam hal ini, hasil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir induktip lebih balk jam diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan pada menggunakan strategi pembelajaran deduktiĀ£ Tetapi basil belajar sosiologi siswa yang memiliki gaya berpikir deduktif lebih unggul jika diajar dengan strategi belajar konvensional, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir induktif maupun deduktif terhadap basil belajar siswa.Saran saran yang di ajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi siswa ktntstrsnya siswa kelas XII IPS MAN I Medan diharpkan lebih memahami gays berpikir yang dimiliki, sehigga dapat menentukan langka-langkah yang tepat dalam belajar yang nantinya dapat dijadikan sebagai usaha untuk meningkatkan prestasi belajar yang lebih balk,. (2) Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru maka diharapkan pars guru untuk lebih memahami gaya berpikir yang dimiliki masing-masing siswanya,dengan mengetahui cam belajar dan berpikir siswa settings guru dapat membantu siswa memaksimalkan gaya berpikir mereka masing-masing, dengan cam mengidentifikasi cam mengajar apa dan bagaimana yang lebih ditekankan untuk siswa yang belajar dengan masing-masing gaya belajar dan gaya berpikir tersebut, (3) Pada guru juga diharapakan untuk menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang dapat dilibatkan keaktifan siswa dalam belajar terutama dalam belajar kelompok dan memecahkan masalah belajar, salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran kontekstual, (4) Kepada peneliti selanjutnya disaranIcan agar lciranya pars peneliti tersebut dapat melanjutkan peneleti pasta penelitian ini. Hal ini panting agar hasil penelitian ini bermanfaat sebagai penyeimbang teori maupun sebagai reformasi dunia pendidikan dunia khuausaya dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 371.3 Ver p
Keywords: Pembelajaran; Kontekstual; Gaya Berfikir; Hasil Belajar; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item View Item