PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMAN 1 PANGARIBUAN DAN SMKN 1 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Pakpahan, Erys Florensia (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMAN 1 PANGARIBUAN DAN SMKN 1 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 3133111019 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 3133111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 3133111019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 3133111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 3133111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 3133111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 3133111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 3133111019 BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 3133111019 BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 3133111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam meningkatkan kedisplinan siswa SMA N1 Pangaribuan dan siswa SMK N1 Pangaribuan. Guru PKn memiliki peranan agar siswa lebih berdisplin dikelas maupun disekolah. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PKn yang ada di SMAN 1 Pangaribuan yaitu sebanyak 2 orang dan seluruh guru PKn di SMKN 1 Pangaribuan sebanyak 2 orang. Jadi jumlah keseluruhan populasi adalah 4 orang. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel total, yang berarti seluruh populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan tiga cara. Pertama adalah observasi, mengamati langsung keadaan dilapangan. Kedua adalah wawancara, melakukan kontak komunikasi langsung dengan sampel penelitian untuk memperoleh data. Ketiga adalah dokumentasi, mengumpulkan data yang turut menunjang penelitian berupa dokumentasi foto pada saat dilakukannya penelitian. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan tehnik analisis kualitatif yang kemudian menyajikan kesimpulan dalam bentuk deskriptif yang mengambarkan fenomena dilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan penelitian tersebut bahwa guru PKn sangat berperan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Dapat dilihat dari jawaban informan yaitu bahwa upaya atau tingkah laku guru di sekolah sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa. Guru PKn di sekolah tersebut sangat memperhatikan sikap atau perilaku siswa sehari-hari. Guru PKn selalu memotivasi siswa dan tidak bosan memberikan teguran terhadap siswa yang tidak taat akan peraturan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: SK-2017 PKN 031
Keywords: PERAN GURU, KEDISIPLINAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2017 11:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26086

Actions (login required)

View Item View Item