Pakpahan, Erys Florensia (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMAN 1 PANGARIBUAN DAN SMKN 1 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3133111019 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. 3133111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
3. 3133111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. 3133111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. 3133111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. 3133111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. 3133111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. 3133111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
12. 3133111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13. 3133111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam
meningkatkan kedisplinan siswa SMA N1 Pangaribuan dan siswa SMK N1
Pangaribuan. Guru PKn memiliki peranan agar siswa lebih berdisplin dikelas
maupun disekolah. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh guru PKn yang ada di SMAN 1 Pangaribuan yaitu sebanyak 2 orang dan
seluruh guru PKn di SMKN 1 Pangaribuan sebanyak 2 orang. Jadi jumlah
keseluruhan populasi adalah 4 orang. Dan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan sampel total, yang berarti seluruh populasi yang
dijadikan sampel dalam penelitian ini. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan
peneliti dengan tiga cara. Pertama adalah observasi, mengamati langsung keadaan
dilapangan. Kedua adalah wawancara, melakukan kontak komunikasi langsung
dengan sampel penelitian untuk memperoleh data. Ketiga adalah dokumentasi,
mengumpulkan data yang turut menunjang penelitian berupa dokumentasi foto
pada saat dilakukannya penelitian. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan
tehnik analisis kualitatif yang kemudian menyajikan kesimpulan dalam bentuk
deskriptif yang mengambarkan fenomena dilapangan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan
pembahasan penelitian tersebut bahwa guru PKn sangat berperan dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa. Dapat dilihat dari jawaban informan yaitu
bahwa upaya atau tingkah laku guru di sekolah sangat mempengaruhi tingkat
kedisiplinan siswa. Guru PKn di sekolah tersebut sangat memperhatikan sikap
atau perilaku siswa sehari-hari. Guru PKn selalu memotivasi siswa dan tidak
bosan memberikan teguran terhadap siswa yang tidak taat akan peraturan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 031 |
Keywords: | PERAN GURU, KEDISIPLINAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26086 |