PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA/I DI SMP NEGERI 1 PARANGINAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sianturi, Berliana (2017) PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA/I DI SMP NEGERI 1 PARANGINAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133311049 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133311049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133311049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133311049 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133311049 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133311049 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3133311049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133311049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3133311049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan multikultural dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa/i. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 1 Paranginan yang terdiri dari 20 kelas dengan jumlah siswa 614 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang dengan mengambil 10% dari jumlah populasi, dimana setiap kelas diambil 3 orang dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana yaitu data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai peran pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan multikultural dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa-siswi SMP Negeri 1 Paranginan tergolong baik. Hal ini dilihat dari jawaban responden yang memilih opsi A yang persentasenya 93,6%, maka dapat dikatakan bahwa pendidikan sebagai wahana pendidikan multikultural sudah berperan dengan baik dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa-siswi di SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYunita, Sri197111022002121002
Call Number: SK-2017 PKN 036
Keywords: PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, DAN SIKAP TOLERANSI
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2017 11:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26081

Actions (login required)

View Item View Item