Sutriono (2017) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103111087 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. NIM. 6103111087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 6103111087 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4. NIM. 6103111087 PREFACE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 6103111087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
6. NIM. 6103111087 TABLES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7. NIM. 6103111087 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8. NIM. 6103111087 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM. 6103111087 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 6103111087 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 6103111087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penerapan variasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 babalan Tahun Ajaran 2017/2018
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus berbentuk penilaian teknik dribbling. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu (dua kali pertemuan).
Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil pre-test sebelum diberikan tindakan dengan jumlah siswa keseluruhan 42 orang, diperoleh sebanyak 12 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan(28%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 30 orang siswa (72%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 58,73 namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus I dengan jumlah siswa keseluruhan 42 orang, diperoleh sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan(50%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 orang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 69,44 namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (3) dari tes hasil belajar siklus II dengan jumlah siswa 42 orang, diperoleh data sebanyak 36 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (85%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 6 orang siswa (15%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata - rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 79,56. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 102 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil belajar, Permainan Bola Basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 11:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26055 |