PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN T.P. 2016/2017

Adlis, Nurul Khairani (2017) PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133142032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133142032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133142032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133142032_COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133142032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 71331421032_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133142032_BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133142032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7133142032_BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133142032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model Open Ended Learning lebih inggi disbanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan yang terletak di Jl. Veteran Gg Utama Pasar V Helvetia pada semester genap Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK BM Sinar Husni Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Purposive Random Sampling), yaitu kelas XI AK-3 sebagai kelas eksperimen dan XI AK-4 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel yaitu 60 siswa dengan rincian kelas XI AK-3 30 siswa dan kelas XI AK-4 30 siswa, serta penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari menghitung skor mentah untuk tiap kelompok, mencari standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunaka Uji-t Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 41,73 dan 80,83 dengan standar deviasi pre test dan post test kelas eksperimen adalah 12,348 dan 11,375 Sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 40,3 dan 73,66 dengan standar deviasi pre test dan post test kelas kontrol adalah 13,64 dan 8,603. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan dk=n1+n2-2 pada taraf signifikan 95% dan α= 5% atau taraf nyata. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,72> 1,67. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model Open Ended Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi metode konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLUBIS, EFFI ASWITA195709231984032001
Call Number: SK-2017 AKT 133
Keywords: MODEL OPEN ENDED LEARNING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Sep 2017 12:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26009

Actions (login required)

View Item View Item