PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Marpaung, Rizka Meilani (2017) PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2131111046 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2131111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2131111046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2131111046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2131111046 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2131111046 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2131111046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2131111046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2131111046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2131111046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap keterampilan menyimak isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 276 siswa. Dari 276 siswa, ditetapkan 38 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan siswa sebelum menggunakan media audi-visual masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 50,78 sedangkan setelah diadakan penerapan media audio-visual termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 76,05. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,05 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media audio-visual berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menyimak isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPANGARIBUAN, TANGSON R195703161981031005
Call Number: SK-2017 IND 111
Keywords: MEDIA AUDIO-VISUAL; KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Sep 2017 12:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26007

Actions (login required)

View Item View Item