PENGARUH KEGIATAN INTRAKURIKULER FULL DAY SCHOOL, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2016/2017

Arif, Muhammad (2017) PENGARUH KEGIATAN INTRAKURIKULER FULL DAY SCHOOL, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133141071 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133141071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133141071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133141071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133141071 TABLES.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133141071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133141071 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133141071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133141071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133141071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas X IPS MAN 2 Model Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan intrakurikuler full day school, lingkungan sekolah dan fasilitas belajar memberikan pengaruh yang signifikan baik secara parsial dan maupun simultan terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS di MAN 2 Model Medan T.P 2016/2017”. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS yang berjumlah 190 siswa dan sampel berjumlah 66 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Uji Validitas angket menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Uji Reabilitas angket menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda, uji t/ parsial, uji F/ simultan dan uji Koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,00 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=1,611+0,426 X_1+0,414 X_2 + 0,153 X_3 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa kegiatan intrakurikuler full day school berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel yakni 6,824 > 1,669 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Kemudian lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel yakni 4,836 > 1,669 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dan fasilitas belajar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel yakni 2,204 > 1,669 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan untuk Uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y) dengan nilai Fhitung> Ftabel yakni 74,271 > 2,75 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,782 yang berarti sebesar 78,2% variabel X1, X2 dan X3 memberikan sumbangan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu:1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan intrakurikuler full day school terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS MAN 2 Model Medan T.P 2016/2017. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS MAN 2 Model Medan T.P 2016/2017. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS MAN 2 Model Medan T.P 2016/2017. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan intrakurikuler full day school, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS MAN 2 Model Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra197104032003121003
Call Number: SK-2017 EKO 057
Keywords: Kegiatan Intrakurikuler Full Day School; Lingkungan Sekolah; Fasilitas Belajar; Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 14:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25963

Actions (login required)

View Item View Item