PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY VISUALIZATION, INTELLECTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BINJAI

Nadapdap, Inriani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY VISUALIZATION, INTELLECTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133141035 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133141035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133141035 ABSTACT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133141035 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133141035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133141035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133141035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas X SMA Negeri 5 Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectual lebih tingg secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Binjai. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Binjai yang beralamat di Jl. Jambi No. 2 Binjai. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 75 orang. sampel yang digunakan, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 35 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t > t pada α = 0,05. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest = 30,14; SD = 9,43 dan postes = 79,57 ; SD = 9,50. Sedangkan kelas kontrol pretes = 27,14; SD = 8,50 dan postest adalah = 72,43 ; SD = 12,44. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 2,698 sedangkan ttabel = 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,698 > 1,669 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Swasta Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: SK-2017 EKO 038
Keywords: Model pembelajaran somatic; Auditory; Visualization; Intelectual; Hasil belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Aug 2017 13:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25853

Actions (login required)

View Item View Item