PENGARUH KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP IT SITI HAJAR MEDAN T.P 2016/2017

Murinda, Nesty (2017) PENGARUH KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP IT SITI HAJAR MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7131141082 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7131141082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7131141082 PREFACE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7131141082 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7131141082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7131141082 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7131141082 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7131141082 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7131141082 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7131141082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP IT SITI HAJAR MEDAN T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT SITI HAJAR MEDAN dengan jumlah 133 siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional sampling dengan sampel 95 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 21 butir variabel X1 dan 20 butir X2, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,933 untuk variabel kelengkapan sumber belajar dan 0,883 untuk variabel kemandirian belajar. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R, serta untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y= 47,780 + 0,306X1 + 0,134X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,346 atau sebesar 34,6%. sedangkan uji t menunjukkan nilai thitung 5,386 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 1 dan nilai thitung 2,708 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2. Selanjutnya uji F diperoleh nilai Fhitung 24,389 dengan sig 0,000b untuk uji hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kelengkapan sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 037
Keywords: Kelengkapan Sumber Belajar; Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Aug 2017 13:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25850

Actions (login required)

View Item View Item