MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A 2016/2017

Azani, Nurul Rizki (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133111057_COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133111057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133111057_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133111057_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133111057_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133111057_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133111057_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133111057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133111057_BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133111057_BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133111057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Cooperative Script dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri 101774 Sampali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101774 Sampali yang berjumlah 36 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah format lembar observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif . Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model Cooperative Script dari hasil observasi pada pertemuan pertama siklus I sebanyak 75% siswa kreativitas belajarnya rendah, 25% siswa kreativitas belajarnya sedang, dan 0% siswa kreativitas belajarnya tinggi. Pada pertemuan kedua siklus I sebanyak 53% siswa kreativitas belajarnya rendah, 47% siswa kreativitas belajarnya sedang, dan 0% siswa kreativitas belajarnya tinggi. Namun hingga pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa, dimana terdapat 47% siswa yang kreativitas belajarnya tergolong sedang. Secara klasikal atau kelas peningkatan kreativitas siswa selama proses pembelajaran masih belum optimal karena masih kurang dari 75% dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II dengan tetap menggunakan model pembelajaran Cooperative Script, dari hasil pertemuan pertama siklus II sebanyak 31% siswa kreativitas belajarnya rendah, 55% siswa kreativitas belajarnya sedang, dan 14% siswa kreativitas belajarnya tinggi. Hingga pertemuan kedua siklus II kreativitas siswa meningkat di mana dari hasil observasi terdapat 20% siswa kreativitas belajarnya rendah, 58% siswa kreativitas belajarnya sedang, dan 22% siswa kreativitas belajarnya tinggi. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, terdapat 80% siswa telah tergolong kreatif (22% tergolong tinggi dan 58% tergolong sedang). Secara klasikal atau kelas peningkatan kreativitas siswa selama proses pembelajaran sudah optimal karena telah lebih dari 75% dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas V pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 70% (baik), pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 80% (baik), pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 85% (sangat baik), dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 90% (sangat baik). Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri 101774 Sampali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Akden19561231 198803 1 008
Call Number: SK-2017 PGSD 224
Keywords: Kreativitas Belajar, Cooperative Script
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 11:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25787

Actions (login required)

View Item View Item