HUBUNGAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Munawarah, Khaida (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2133111041 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2133111041 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2133111041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2133111041 AKCNOWLEDMENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2133111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2133111041 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2133111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2133111041 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2133111041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133111041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2133111041 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017pada tanggal 25 Maret 2017. Lokasi Penelitian, penelitian di SMA Negeri 3 Medan Jalan Budi kemasyarakatan 3, Medan, Sumtera Utara.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 19 lokal sebanyak 854 orang siswa.Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel diambil 10% dari jumlah populasi yaitu sebesar 85 orang siswa.Teknik analisis data dilakukan secara derskripstif kuantitatif korelasional. Kemampuan menulis teks eksposisi didominasi oleh siswa yang memiliki nilai dalam kategori sangat baik, yakni 11 orang siswa (12,94%), siswa yang memiliki nilai dalam kategori baik sebanyak 70 orang siswa (82,35%) dan siswa yang memiliki nilai dalam kategori cukup baik sebanyak 4 orang siswa (4.70%). Tidak ada satupun siswa yang memiliki nilai dalam kategori kurang baik dan sangat kurang baik. Hubungan penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa pada sampel 85 orang kelinieran persamaan regresi Ý= 62,32 + 0,601 X berarti pada taraf signifikan α = 0,05. Untuk uji keberartian regresi di peroleh nilai hitung Fhit = 2,111 sedangkan nilai Ftabel= 1,450 dengan dk= N-1 = 84. Karena nilai Fhitung>Ftabel (2,111>1,450) maka dapat disimpulkan bahwa kelinieran persamaan regresi Ý= 62,32 + 0,601 X berarti pada taraf signifikan α= 0,05 dengan korelasi yang tergolong rendah. Keterkaitan penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis teks eksposisi ke dalam sebuah paragraf sebuah tulisan sangatlah ditentukan bagimana siswa tersebut menggunakan kata yang tepat sehingga tujuan atau makna yang terkandung dalam kalimat dapat disampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiburian.M.Pd, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorSurip,, Muhammad19800810 200801 1 001
Call Number: SK-2017 IND 071
Keywords: Penguasaan Kalimat Efektif, Kemampuan Menulis Teks Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25775

Actions (login required)

View Item View Item