ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS IX MTS AISYIYAH SUMATERA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Wulandari, Arimbi (2017) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS IX MTS AISYIYAH SUMATERA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2133111006 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2133111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2133111006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2133111006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2133111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2133111006 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2133111006 PICTURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2133111006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2133111006 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133111006 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2133111006 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 2133111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen berbasis pengalaman siswa kelas IX MTs. Aisyiyah Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs. Aisyiyah Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil secara keseluruhan jumlah populasi untuk dijadikan sampel, karena itu penelitian ini merupakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, kemampuan menulis cerpen berbasis pengalaman siswa kelas IX MTs. Aisyiyah Sumatera Utara tahun pembelajaran 2016/2017 dikategorikan cukup dengan memperoleh nilai 73,3. Sebanyak 5 orang atau 10% berada di kategori baik sekali, 16 orang atau 32% berada di kategori baik, 26 orang atau 52% berada di kategori cukup, dan 3 orang atau 6% berada di kategori kurang. Kemampuan siswa pada aspek tema tergolong baik sekali dengan rata-rata 90, aspek latar tergolong baik sekali dengan rata-rata 86, aspek alur tergolong cukup dengan rata-rata 69, apek penokohan tergolong cukup dengan rata-rata 72,5 aspek sudut pandang tergolong cukup dengan rata-rata 72, aspek gaya bahasa tergolong kurang dengan rata-rata 46 dan aspek amanat tergolong baik dengan rata-rata 78. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa dalam menulis cerpen berbasis pengalaman dipengaruhi oleh kemampuan siswa mengimplementasikan tema, latar, alur, penokohan, amanat, sudut pandangan, gaya bahasa dan amanat dengan baik pada cerpennya. Faktor pembendaharaan kata, imajinasi, minat membaca fiksi juga mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis cerpen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUmar,, Azhar196006111985031002
Thesis advisorGafari, Oky F.197901152005011002
Call Number: SK-2017 IND 079
Keywords: Kemampuan; Menulis; Cerpen; Pengalaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25696

Actions (login required)

View Item View Item