PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Wardana, Irfandi (2017) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 7133341047 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 7133341047 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 7133341047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 7133341047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 7133341047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 7133341047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 7133341047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 7133341047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 7133341047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 7133341047 BAB 1.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 7133341047 BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 7133341047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal wali kelas dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Darussalam Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darussalam Medan yang beralamat di Jl. Darussalam No. 26 ABC Medan Petisah. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Darussalam Medan yang berjumlah 166 orang. Sampel penelitian ini adalah 25% dari seluruh siswa kelas VIII SMP Darussalam Medan yang berjumlah 41 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji realibilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi ( R2 ). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Y=46,376+0,502 X 1+0,190 X 2 . Hasil analisis uji t untuk variabel komunikasi interpersonal (X1) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,967 > 1,682) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Untuk variabel interaksi edukatif (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 1,973 dengan nilai signifikan sebesar 0,00. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. Maka dari hasil tersebut kita dapat melihat bahwa nilai thitung > ttabel (1,973 > 1,682) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara interaksi edukatif (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa FHitung>FTabel (8,675 > 2,83) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α < 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRAHMADANA, M.FITRI197709142005011003
Call Number: SK-2017 EKO 111
Keywords: KOMUNIKASI INTERPERSONAL, INTERAKSI EDUKATIF, PRESTASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25684

Actions (login required)

View Item View Item