PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN REDOKS

Panjaitan, Ernita (2017) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131131017 JUDUL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131131017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131131017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131131017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131131017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131131017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131131017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131131017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131131017 BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131131017 BAB V.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131131017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran melalui Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) di SMA pada pokok bahasan Redoks. Sampel penelitian ini diambil dari dua kelas yang ditentukan dengan cara purposive sampling, yaitu kelas XMIA1 (sebagai kelas ekperimen) dan kelas XMIA2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 item dengan 5 option, yang telah divalidkan oleh Validator kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Dari data yang diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen adalah 36 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,83. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol adalah 36,5 dan nilai rata-rata post-test sebesar 79,5. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t satu pihak. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data gain diperoleh thit 3,592 sedangkan ttab1,672 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari kedua hal ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada kelas eksperimen 78% dan pada kelas kontrol 68%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTarigan, Simson196002231986031005
Call Number: SK-2017 KIM 036
Keywords: Model mengajar; Menginduksi perubahan konsep; Gain
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Aug 2017 14:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25628

Actions (login required)

View Item View Item