MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN SAINS DIKELAS V SDN 106205 T.A 2016/2017

Andriani, Bela (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN SAINS DIKELAS V SDN 106205 T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133111011 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133111011 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133111011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133111011 BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133111011 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas dan masih menggunakan metode belajar konvensional, hasil belajar siswa masih rendah disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai dan memahami teori serta mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode (Think Pair Share) pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya dikelas V SDN 106205 Pasar Baru. Maka untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode pembelajaran (Think Pair Share) yang terdiri dari beberapa tahap, a) persiapan, b) pembentukan kelompok, c) pengajuan pertanyaan, d) diskusi masalah, e) tiap kelompok menyampaikan hasilnya di depan kelas, dan f) guru memberi kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SDN 106205 Pasar Baru dengan jumlah siswa 20 orang, perempuan sebanyak 11 dan laki-laki 9 orang. Adapun jenis penelitianinia dalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 14 siswa (70%) yang belum tuntas belajar, 6 orang (30%) yang tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 8 siswa (40%) yang belum tuntas belajar, `12 siswa (60%) yang tuntas belajar. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 17 siswa (85%) yang tuntas belajar, 3 siswa (15%) yang belum tuntas belajar. Maka, kesimpulannya adalah metode pembelajaran (Think Pair Share) merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk befikir tingkat tinggi, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Sorta195906101985032001
Call Number: SK-2017 PGSD 204
Keywords: Hasil Belajar; Metode Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Aug 2017 14:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25627

Actions (login required)

View Item View Item