HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP INOVASI DENGAN PROFESIONALISME GURU SMK NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG

Jaswar, (2007) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP INOVASI DENGAN PROFESIONALISME GURU SMK NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 055030497 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 055030497 Abstrak.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 055030497 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 055030497 Bab I.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 055030497 Bab V.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara : 1) persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru, 2) sikap inovasi guru dengan profesionalisme guru, dan 3) persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dan sikap inovasi guru secara bersama-sama dengan profesionalisme guru.Variabel yang diteliti yaitu persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1), sikap inovasi guru (X2) dan profesionalisme guru (Y). Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru SMK Negeri kabupaten Deli Serdang, yang berjumlah 233 guru, dan diambil sampel penelitian sebanyak 93 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket, terlebih dahulu diujicobakan. Hasil ujicoba angket persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah di peroleh 2 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,913, angket sikap inovasi guru diperoleh I butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,848 dan angket profesionalisme guru diperoleh 1 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,836.Teknik analisis data dilakukan yaitu analisis deskripsi dan analisis inferensi yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap inovasi guru dan profesonalisme guru termasuk kategori sedang. Kemudian terdapat hubungan antara persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru dengan ry1 = 0,42. Sikap inovasi guru mempunyai hubungan dengan profesionalisme guru dengan ry2 = 0,65; dan terdapat hubungan antara persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dan sikap inovasi guru secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru dengan ry12 = 0,697 pada taraf α = 5 %.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dan sikap inovasi guru cukup signifikan menjelaskan (mempengaruhi) profesionalisme guru, dengan koefisien determinasi sebesar 48,58 %. Persamaan garis regresi antara profesionalisme guru dan persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan sikap inovasi yaitu Y = 9,756 + 0,245 X1 + 0,545 X2.Hasil penelitian ini hendaknya dapat bermanfaat bagi para guru dan kepala sekolah guna peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan serta imtil peneliti lainnya guna memperdalam informasi tentang penelitian lainnya yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 195503071984031001
Thesis advisorHamid K, Abdul195802221981031001
Call Number: 373.238 Jas h
Keywords: Profesionalisme; Guru; Inovasi; Gaya kepemimpinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item