ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA PPT (POWERPOINT) DAN KARTU SOAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID

Ahmad Firdaus, Tanjung (2017) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA PPT (POWERPOINT) DAN KARTU SOAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4132131030 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4132131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4132131030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4132131030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4132131030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4132131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4132131030 TABLES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4132131030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4132131030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4132131030 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4132131030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4132131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan perbedaan media yaitu media Powerpoint dan media kartu soal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam pada pokok bahasan koloid. Sampel penelitian diambil secara Purposive Sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan menggunakan media Powerpoint dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan menggunakan media kartu soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji gain, uji t dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji gain dan t-test untuk peningkatan hasil belajar siswa yaitu kelas eksperimen 1 rata-rata gain 0,7792 dan terjadi peningkatan sebesar 77,92% dan kelas eksperimen 2 rata-rata gain 0,7365 dan terjadi peningkatan sebesar 73,65%. Rata-rata motivasi belajar siswa diperoleh pada eksperimen 1 sebesar 91,14 dan eksperimen 2 sebesar 88,47. Uji korelasi dengan model Inkuiri Terbimbing motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan media Powerpoint diperoleh rhitung > rtabel (0,88 > 0,329) dan uji korelasi dengan model Inkuiri Terbimbing dengan media kartu soal diperoleh rhitung > rtabel (0,92 > 0,329) dan uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (4,78 > 1,99) dan uji t-test untuk motivasi belajar siswa diperoleh harga thitung < ttabel (1,76 < 1,99). Hasil analisis data, diperoleh : 1) ada peningkatan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan media Powerpoint dan media kartu soal, 2) ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model Inkuiri Terbimbing dengan media Powerpoint, 3) ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model Inkuiri Terbimbing dengan media kartu soal, 4) ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan model Inkuiri Terbimbing dengan Powerpoint dan media kartu soal, 5) tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model Inkuri Terbimbing dengan media Powerpoint dan media kartu soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMah, mudUNSPECIFIED
Call Number: SK-2017 KIM 168
Keywords: Model Inkuiri Terbimbing; Media Powerpoint; Media Kartu Soal; Hasil Belajar dan Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > L7 Periodicals. Societies
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25471

Actions (login required)

View Item View Item