PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI13 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Munthe, Yanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI13 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ACKNOWLEDMENT.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. REFERENCE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas X yang di ajarkan dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional di SMA Negeri 13 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan dengan populasi yang terdiri dari dua kelas X, secara keseluruhan yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, yaitu kelas X Mis 3 berjmlah 30 siswa dan sebagai kelas kontrol, kelas X MIS 4 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa berbentuk pilihan berganda yang sudah baku yang dikutip dari buku teks sehingga validitas dan reabilitas telah teruji. Hasil analisis data merupakan nilai rata-rata post test siswa kelas eksperimen = 79,83 dengan SD = 7,25 dan nilai rata-rata post test siswa kelas kontrol = 66,33 dengan SD = 6,93. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh t_(hitung ) sebesar 9,04 sedangkan t_(tabel )sebesar 1,67 pada taraf α = 0,05 dan dk = 58 dengan demikian t_(hitung )>t_(tabel )yaitu 9,04>1,67, berarti hipotesis alternatif atau Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa ada pengaruh hasil belajar ekonomi siswa kelas X yang diajarkan dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan metode konvensional di SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRozaini, Noni197807022006042002
Call Number: SK-2017 EKO 022
Keywords: Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR); Hasil belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2017 15:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25458

Actions (login required)

View Item View Item