UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PAB 1 KLUMPANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Harysandy, Boby (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PAB 1 KLUMPANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6103311047 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6103311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6103311047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6103311047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6103311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6103311047 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6103311047 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6103311047 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6103311047 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6103311047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6103311047 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Jarak Pendek Menggunakan kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi dan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta PAB I Klumpang Tahun Ajaran 2017/208. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII-A yang terdiri dari 36 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata 65,27 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 15 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 41,67%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 79,13 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 11,11% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII- A SMP Swasta PAB I Klumpang Tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyono, Hadi195305011979031006
Call Number: SK-2017 PJKR 099
Keywords: Pendidikan jasmani; Sepak bola; Gaya mengajar; Variasi pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25378

Actions (login required)

View Item View Item