PENGARUH MUSIK DAN INTELIGENSI VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V KOMPLEKS SD JALAN HALAT MEDAN

Ariyani, Fika (2008) PENGARUH MUSIK DAN INTELIGENSI VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V KOMPLEKS SD JALAN HALAT MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 055020357 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020357 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020357 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020357 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020357 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020357 BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020357 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020357 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan musik pop lebih tinggi dari pada basil belajar Matematika siswa yang mengtmakakn musik klasik dan tanpa musik, (2) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki inteligensi visual-spasial balk lebih tinggi daripada basil belajar Matematika siswa yang memiliki inteligensi visual-spasial sedang dan cukup, (3) Interaksi antara musik dan inteligensi visual-spasial dalam memberikan pengaruh terhadap basil belajar Matematika siswa.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilaksanakan di kelas V Komplek SD Jalan Halat Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri 270 orang siswa, sample penelitian ditetapkan dengan menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih SD Negeri 060809 menjadi kelas yang menggunakan musik pop, SD Negeri 060810 menjadi kelas yang menggunakan musik kiasik, dan SD Negeri 060807 menjadi kelas yang belajar tanpa musik. Tes psikologi diberikan kepada siswa untuk mengklasifikasikan kemampuan inteligensi visual-spasial baik, sedang dan cukup. Untuk tes inteligensi visual-spasial digunakan tes psikologi yaitu tes ENS, guna menguji hipotesis hasil belajar Matematika siswa yang memiliki inteligensi visual¬spasial baik, sedang dan cukup. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deslaiptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAVA 3 jalur, sebelum ANAVA 3 jalur digunakan terlebih dahulu uji analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan untuk basil belajar Matematika adalah pilihan ganda yang berjumlah 40 butir soal dimana reliabilitas tes= 0.938 yang menggunakan rumus K-R 20.Hasil pengujian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan musik pop memiliki basil belajar Matematika yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan musik klasik dan tanpa musik. Ini ditunjukkan dan Fhitung = 20.59 > Ftabek4;126) = 2.44 pada taraf signifikan a = 0.05. Siswa yang memiliki intelgensi visual spasial baik akan memperoleh hasil belajar Matematika lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki inteligensi visual-spacial sedang dan wimp. Ini ditunjukkan dari Fhitum = 183.59 > Ftabel(4;126) = 2.44 pada taraf signifikan a = 0.05. Terdapat interaksi antara musik dan inteligensi visual-spasial terhadap hasil belajar Matematika. Ini ditunjukkandari Fhitung = 11.86 > Ftabel(4;126) = 2.44 pada taraf signifikan a = 0.05. Hipotesis telahmenunjukkan bahwa siswa yang menggunakan musik pop dalam pembelajaran akan mendapatkan basil belajar lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakanmusik kiasik dan tanpa musik dalam pembelajaran. Siswa yang memiliki inteligensivisual-spasial baik akan memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki inteligensi visual-spasial sedang dan cukup.. Siswa yang memilikiinteligensi visual-spasial baik dan sedang akan memperoleh basil belajar Matematika lebih tinggi jika dalam pembelajarannya menggtmakan musik pop dan siswa yang memiliki inteligensi visual-spasial cukup akan memperoleh hasil belajar Matematika lebih tinggi jika dalam pembelajarannya menggunakan musik klasik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorSyarifuddin, 195911221986011001
Call Number: 372.872 Fik p
Keywords: Matematika, Hasil Belajar Matematika
Subjects: M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1470 Aleatory music. Electronic music. Mixed media
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item View Item