ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN REDOKS

Hutasoit, Dita Tiurmaida (2017) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133131013 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133131013 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133131013 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133131013 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133131013 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133131013 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133131013 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133131013 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133131013 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133131013 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133131013 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan penerapan Problem Based Learning yang menggunakan media Peta Konsep pada pokok bahasan Redoks. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan pretest-posttest. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan tahun ajaran 2016/2017, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel tersebut terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas yang dibelajarkan dengan penerapan PBL dengan menggunakan media peta konsep (kelas eksperimen) dan satu kelas lainnya dibelajarkan dengan metode konvensional yaitu dengan metode ceramah (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik adalah test objektif berupa pilihan ganda yang terdiri dari 20 item soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui pembelajaran dengan penerapan PBL yang menggunakan media peta konsep lebih tinggi daripada dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan redoks secara signifikan (dengan uji statistik t pada tingkat signifikansi 5%); peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 61,84% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 36,29%; dan aspek kognitif yang paling terkembangkan pada pembelajaran dengan metode PBL dan media peta konsep adalah C1 (pengetahuan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Call Number: SK-2017 KIM 163
Keywords: Hakikat belajar kimia; Model pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2017 10:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25229

Actions (login required)

View Item View Item